UNIVERSITAS PATTIMURA

Hallo Guys Selamat Datang Di Blog Saya

Rabu, 16 Desember 2020

 RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)

(Pertemuan 1)

 

Satuan Pendidikan

:

SMP

Kelas/Semester

:

IX/I

Waktu

:

2 JP (2 x 40 Menit)

Kompetensi Dasar

:

3.6  Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan    kekongruenan antar bangun datar

                                                                                                                           

A.      Tujuan Pembelajaran

1.       Mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen atau tidak, jika diberikan beberapa gambar atau       bangun datar.

2.       Menjelaskan syarat-syarat/sifat-sifat dua bangun segi banyak yang kongruen,  jika diberikan       gambar dua bangun segi banyak yang kongruen.

 

B.   Kegiatan Pembelajaran

§   Kegiatan Pendahuluan

1. Mengucapkan salam, dan berdoa dipimpin oleh guru/ketua kelas (nilai-nilai religius).

2. Guru mengecek kehadiran siswa. 

3. Memotivasi siswa dengan menyampaikan secara singkat manfaat mempelajari materi  Kekongruenan  dan Kesebangunan.

4. Menginformasikan tujuan pembelajarn

5. Guru menginformasikan kepada siswa bahwa akan ada tugas proyek. Deskripsi tugas proyek sebagai      berikut :

a. Siswa dikelompokan menjadi beberapa kelompok (minimal 4 kelompok).

b. Setiap kelompok diberikan minimal salah satu dari tugas proyek.

 c. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan proyek kurang lebih 1 atau 2 pekan.

6. Guru memberi kesempatan bertanya pada siswa  mengenai materi yang sedang dipelajari

 

§  Kegiatan Inti (60 menit)

1. Mengamati

    Siswa mengamati gambar berbagai benda segitiga

2. Menanya

    Menanyakan kepada siswa mengapa dua bangun atau lebih dikatakan kongruen

3. Mengeksplorasi

    Siswa berdiskusi bekerja kelompok  untuk  mendapatkan dua bangun yang  kongruen   

5.  Mengasosiasi

     Berdasar pemecahan masalah dan eksplorasi,  siswa dapat menyimpulkan    konsep kongruensi dua  bangun.

6. Mengomunikasi

·      Salah satu anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi kegiatan sebelumnya.

·      Siswa memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk

          mengonfirmasi, melengkapi informasi, ataupun tanggapan lainnya.

 

§  Kegiatan Penutup

1.    Siswa membuat kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini, guru sebagai

      fasilitator.

2.    Setiap kelompok diberikan perolehan penghargaan berkaitan dengan aktivitas

      kelompok.

3.    Guru memberi PR

4.     Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

 

C.   Penilaian

·      Penilaian sikap : diperoleh pada saat pembelajaran di kelas

·      Penilaian pengetahuan diperoleh dari :

1.       Cara siswa menjawab pertanyaan guru

2.       Hasil pekerjaan siswa

·      Penilaian  Ketrampilan

 

                                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

   SILABUS Matematika Wajib    Satuan Pendidikan      : SMA Kelas                           : XI (sebelas) Kompetensi Inti          : Kompet...