RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Pertemuan
1)
Satuan Pendidikan |
: |
SMP |
Kelas/Semester |
: |
IX/I |
Waktu |
: |
2 JP (2
x 40 Menit) |
Kompetensi
Dasar |
: |
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan
dan kekongruenan antar bangun datar |
A. Tujuan Pembelajaran
1. Mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen
atau tidak, jika diberikan beberapa gambar atau bangun datar.
2. Menjelaskan syarat-syarat/sifat-sifat dua
bangun segi banyak yang kongruen, jika
diberikan gambar dua bangun segi banyak yang kongruen.
B. Kegiatan
Pembelajaran
§ Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengucapkan
salam, dan berdoa dipimpin oleh guru/ketua kelas (nilai-nilai religius).
2. Guru mengecek
kehadiran siswa.
3. Memotivasi
siswa dengan menyampaikan secara singkat manfaat mempelajari materi Kekongruenan dan Kesebangunan.
4.
Menginformasikan tujuan pembelajarn
5. Guru menginformasikan kepada siswa bahwa akan ada tugas proyek. Deskripsi tugas proyek sebagai berikut :
a. Siswa
dikelompokan menjadi beberapa kelompok (minimal 4 kelompok).
b. Setiap kelompok diberikan minimal salah satu dari tugas proyek.
c. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan proyek kurang lebih 1 atau 2 pekan.
6. Guru memberi
kesempatan bertanya pada siswa mengenai
materi yang sedang dipelajari
§
Kegiatan
Inti (60 menit)
1. Mengamati
Siswa mengamati gambar berbagai benda segitiga
2. Menanya
Menanyakan kepada siswa mengapa dua bangun
atau lebih dikatakan kongruen
3. Mengeksplorasi
Siswa
berdiskusi bekerja kelompok untuk mendapatkan dua bangun yang kongruen
5. Mengasosiasi
Berdasar
pemecahan masalah dan eksplorasi, siswa
dapat menyimpulkan konsep kongruensi
dua bangun.
6. Mengomunikasi
·
Salah satu
anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi kegiatan sebelumnya.
·
Siswa memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengonfirmasi,
melengkapi informasi, ataupun tanggapan lainnya.
§ Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan mengenai pembelajaran
hari ini, guru sebagai
fasilitator.
2. Setiap kelompok diberikan perolehan
penghargaan berkaitan dengan aktivitas
kelompok.
3. Guru
memberi PR
4. Guru menginformasikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya
C.
Penilaian
·
Penilaian sikap : diperoleh pada saat
pembelajaran di kelas
·
Penilaian pengetahuan diperoleh dari :
1.
Cara siswa menjawab pertanyaan guru
2.
Hasil pekerjaan siswa
·
Penilaian
Ketrampilan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar